Sabtu, 15 Desember 2018

Food & Beverage Services - Pengertian





Sektor Jasa Makanan Dan Minuman (Umum Di Kenal Dengan F&B - Food And Beverage), Berkontribusi Besar Terhadap Keuntungan (Profit/Revenue) Dalam Industri Pariwisata Dan Perhotelan. Dengan Meningkatnya Pertemuan Bisnis (Acara - Acara Perusahaan), Berbagai Acara Pribadi Dan Sosial, Sejumlah Besar Pelanggan Sering Menggunakan Jasa Perusahaan Katering. Para profesional Yang Bekerja Di Industri F&B Tanpa Lelah Bekerja Untuk Meningkatkan Pengalaman Dan Kepuasan Pelanggan Melalui Layanan Mereka. Layanan F&B Yang Menyediakan Bisnis Melayani Makan Dan Minum (Secara Keseluruhan) Kepada Pelanggan Mereka Di Sebuah Tempat Seperti Hotel, Restaurant, Atau Di Tempat Yang Ditentukan Sendiri Oleh Pelanggan (Off - Premise/Outside Catering).

DEFINISI LAYANAN F&B :
Layanan Makanan Dan Minuman Dapat Di Definisikan Secara Luas Sebagai Proses Mempersiapkan, Menyajikan Dan Melayani Makanan Dan Minuman Kepada Pelanggan Dari Awal Hingga Selesai.

Layanan F&B Services Terdiri Dari Dua Jenis, Sebagai Berikut :

ON PREMISE :
Makanan Dan Minuman Disiapkan, Disajikan, Serta Dikirimkan Beberapa Saat Setelah Pelanggan Datang /Mengunjungi Tempat Makan (Restaurant). Tempat Ini Disiapkan Dan Di Lengkapi Dengan Berbagai Konsep Yang Berbeda Beda (Tergantung Konsep) Untuk Menarik Pelanggan Agar Mau Datang Berkunjung.
Contoh : Restaurant, Pub, Club, dll.

OFF PREMISE/OUTSIDE CATERING :
Layanan Semacam Ini Termasuk Persiapan (Preparation), Pengolahan Keseluruhan, Dan Pelayanan Perjamuan Makanan Dan Minuman Dalam Jumlah Besar Di Tempat Pelanggan Yang Melakukan Pemesanan.
Contoh : Resepsi Pernikahan, Ulang Tahun, dll.

JENIS LAYANAN OPERASIONAL F&B

Ada Dua (2) Jenis Layanan F&B Yang Umum :

KOMERSIAL :
Dalam Hal Ini, Pelayanan F&B Adalah Sebagai Bisnis Utama Yang Ditawarkan.
Contoh : Perusahaan Katering, Hotel, Restaurant, Lounge, Cafetaria, Pub, Club, Dan Bar. 

NON - KOMERSIAL :
Dalam Hal Ini Adalah Bisnis Sekunder Di Dalam Sebuah Aliansi Dari Bisnis Utama Yang Dijalankan. Layanan F&B Ini Hanya Melayani Konsumen Dengan Pilihan Makanan Dan Minuman Yang Terbatas.
Perusahaan - Perusahaan Ini Sering Berjalan Dibawah Kontrak.
Contoh : Layanan Makanan Dan Minuman Yang Disediakan Di Rumah Sakit, Hostel (Penginapan), Dan Penjara. 


APA ITU QSR SERTA PENGERTIANNYA ?
Adalah Gerai/Outlet Makanan Cepat Saji Yang Disebut Quick Service Restaurant. Tempat Makan Yang Menyiapkan, Dan Umumnya Dikonsumsi Dengan Cepat.
Bisnis Tempat Makan Cepat Saji Ini Tetap Berjalan Dengan Konsep Kenyamanan Sebagai Faktor Yang Utama.
Contoh : Outlet bermerek seperti McDonalds, KFC, Hoka Hoka Bento Adalah Beberapa Contoh QSR.

APA ITU FSR SERTA PENGERTIANNYA ?
Adalah Restaurant Mewah / Full Services Restaurant, Yang Sengaja Dibuat Untuk Umum, keluarga, Komunitas, Khas (Restaurant Dengan Menu Khas Atau Tema Khusus Suatu Daerah). Dengan Mengedepankan Pelayanan Terbaik Serta Penyajian Makanan Dan Minuman Yang Terbaik, Untuk Mendapatkan Kepuasan Dan Pengalaman Pelanggan Yang Tinggi Sebagai Faktor Kunci Operasional Mereka.
Contoh : Restaurant Hotel,
Restaurant Fine Dinning, dll

Sumber : www.tutorialspoint.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar