Kamis, 27 Desember 2018

Beberapa Jenis Pelayanan Makanan

Pelayanan makanan memiliki sejumlah gaya layanan yang berbeda. Gaya layanan harus dipilih berdasarkan jenis makanan yang disajikan. Ada berbagai metode di mana layanan makanan dapat dilakukan di meja tamu. Dua gaya layanan makanan paling populer adalah ‘Layanan pra-berlapis’ (Pre-Plated Service) dan ‘Layanan perak.’ (Silver Plated Service).

1. Silver Plated Service / layanan platter to plate / English Style

Ini melibatkan presentasi dan layanan makanan kepada tamu oleh staf restoran dari piring hidangan atau piring yang di bawa oleh pelayan ke piring tamu, dengan bantuan peralatan servis. Selalu dilakukan dari sisi kiri tamu. Silver Plated profesional adalah semua tentang menguasai teknik menggunakan Capit Makanan (Tong) yang bawa di tangan kanan untuk menyajikan makanan ke piring tamu dari piring hidangan yang diadakan di tangan kiri.

2. Pre-Plated Service / American Service

Pelayanan makanan yang disajikan untuk tamu oleh staff restoran dan wajib dilakukan / disajikan dari sisi kanan tamu. Pelayanan ini menuntut staff Pelayan untuk terampil membawa beberapa piring sekaligus tanpa merusak letak makanan yang telah di atur sebelumnya oleh staff kitchen. Biasanya Staff Pelayan membawa dua atau tiga piring di tangan kiri (Ideal nya) dan tangan kanan membawa 1 piring. Pelayanan ini biasa kita lihat di kedai kopi atau restoran yang menyajikan masakan Barat (Western Food).

3. Family Service / French Service

Metode Pelayanan yang sangat sederhana di mana hidangan disajikan kepada para tamu dan ditempatkan di atas meja makan, memungkinkan tamu untuk memilih dan melayani dirinya sendiri (self Service). Layanan seperti ini biasanya ditemukan di restoran yang menyajikan masakan India.

4. Buffet Service (Prasmanan)

Menghidangkan makanan dalam jumlah besar dan bervariatif Di Sebuah Meja Besar, baik makanan panas atau dingin, serta masakan yang bervariasi. Staff pelayanan memposisikan dirinya di belakang meja Buffet dan membantu para tamu, menjaga kebersihan, mengisi ulang slot slot makanan (jika habis), serta menata makanan.

5. Layanan Gueridon

Istilah 'Gueridon' berarti troli yang digunakan untuk membawa serta menghidangkan makanan. Troli juga digunakan untuk memasak makanan yang di lakukan oleh Staff kitchen. Dilakukan di samping meja tamu.

6. Russian Service

Makanan, yang biasanya terdiri dari daging panggang utuh, disajikan kepada tuan rumah, kemudian dibawa kembali ke stasiun sisi oleh staff pelayan, yang kemudian disajikan kepada para tamu. Pelayanan ini adalah Bukan gaya pelayanan yang populer untuk umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar